Musim hujan seperti saat ini, kita harus merawat motor ekstra keras, pasalnya kalau tidak dirawat dengan baik, motor akan cepat rusak. Untuk itu, kita harus pintar-pintar merawat motor karena jika kita lalai bisa-bisa akan membahayakan diri si pengendara.


Nah, bagi Sobat yang masih bingung bagaimana merawat motor di musim hujan, berikut ini beberapa tips merawat motor saat musim hujan:

1. Ban
Ban merupakan salah satu item yang harus diperhatikan dalam motor. Jangan biarkan ban motor kekurangan angin, hal ini untuk menjaga stabilitas motor saat jalanan basah. Kemudian perhatikan jalur ban, bila jalur ban sudah tipis atau gundul, maka Sobat harus menggantinya karena tipisnya ban akan berakibat fatal dan laju motor menjadi licin.

2. Kampas Rem ( istilah Indonesianya) 
Perhatikan kampas rem. Saa musim hujan daya cengkeram rem akan berkuran akibat basah. Bila kampas rem sudah habis, segeralah diganti. Jangan biarkan kampas rem tipis karena bisa menimbulkan kecelakaan saat melakukan rem dadakan.

3. Rantai
Lumasilah rantai dengan pelumas setelah terkena air hujan, karena air hujan bisa mengiis pelumas di rantai dan busa menyebabkan rantai kering.

4. Busi
Pastikan busi tertutup dengan benar oleh kepala busi. Kepala busi berfungsi sebagai pencegah masuknya air kala hua atau saat jalan terendam banjir.

5. Box filter
Bila Sobat melepas box filter pada karburator, maka untuk musim hujan harap dipasang kembali. Jika box filter tidak terpasang, air hujan bisa langsung masuk ke karburator dan menyebabkan motor mogok.

6. Knalpot.
 Perhatikan leher knalpot. Jangan biarkan leher knalpot dalam keadaan basah. Jika dibiarkan, leher knalpot bisa berkarat dan keropos. Pastikan leher knalpot kering setelah terkena hujan dan banjir.

7. Jari-jari roda.
Gunakan lap bersih untuk mengeringkan jari-jari roda yang basah. Bila tidak, jari-jari pada velg motor akan keropos. Keropos pada velg memang tidak tampak di luar, tetapi terjadi di dalam velg.

Dengan melakukan tips-tips di atas. akan membuat Sobat lebih aman dan nyaman saat bepergian menggunakan motor. Jangan lupa membawa jas hujan. Tertib lalu lintas dan utamakan keselamatan. 

Semoga bermanfaat...

Bagi yang ingin menambahkan atau berkomentar silahkan ketik di kotak komentar di bawah menggunakan akun yang Sobat inginkan.

sumber
 
Top